Bisnis Internet bikin kaya, mungkinkah?

04/07/2009 12:11

Ini adalah pertanyaan yang paling sering didengar dari orang-orang yang awam dalam menggunakan internet. Seperti halnya saya ketika masih gaptek :D

Wajar saja, mengingat fungsi internet yang umum diketahui adalah hanya sekedar browsing portal berita, kirim e-mail, chating, game online, dan beriteraksi melalui situs pertemanan. Kalaupun sudah tahu dan lama mendengar tentang bisnis di Internet, hanya dianggap angin lalu karena definisi internet itu sendiri yang merupakan dunia maya. ..“Dunia maya, ya... dunia yang tidak nyata”. Begitulah kata orang-orang.

Maka isu mengenai bisnis internet akhirnya masih saja menjadi isu yang tidak populer. Dianggap pepesan kosong, bualan rombeng hingga yang menyampaikan isunya pun dianggap pemimpi disiang bolong. Duh! Bahkan pernah ada bapak-bapak yang meludah didepan saya ketika saya membenarkan mengenai keuntungan berbisnis di internet. Aneh... padahal saya menjelaskan karena permintaan bapak itu sendiri lho :-(

OK. Anggap saja bisnis Internet di Indonesia masih belum populer meskipun sudah ada sejak awal era millenium. Tapi fakta mengenai beberapa tokoh Internet marketer yang sudah mapan di negeri ini tidak bisa lagi dibantah. Sebut saja semacam Cosa Aranda, Anne Ahira, G.M Susanto, Peter Kohar, Suwandi Chow, Haryo Prabowo dan pebisnis muda berkursi roda “Habibie Afsyah”. Itupun hanya sebagian nama besar yang memang sudah amat dikenal karena masih banyak pebisnis internet lainnya yang tetap puas menjadi sosok misterius tanpa perlu dikenal orang. Mereka sudah menikmati hasil jerih payahnya selama malang melintang di dunia internet dengan penghasilan yang sudah mencapai ribuan dollar perbulan. Anda bisa bayangkan? Ratusan dollar perbulan saja untuk seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta sudah cukup besar. Itupun dengan tenaga dan pikiran yang terkuras habis hingga masa pensiun, kalau tidak kena PHK :-)

Apakah berbisnis melalui internet dianggap sebagai pekerjaan yang hina dina? Mengapa banyak yang menanggapi sinis ketika mendengar pekerjaan semacam ini? Saya adalah mantan karyawan swasta dan pernah nyaris jadi PNS. Apakah saya puas dengan yang telah saya capai itu? Tidak! Saya hanya bersyukur pernah mendapatkan keberuntungan seperti itu. Sayang sekali saya merupakan orang yang selalu suka dengan tantangan. Belakangan hingga saat ini, cemohan banyak orang disekitar saya itulah yang justru menguatkan saya untuk ikut terjun dalam bisnis internet.

Saya sangat berterima kasih atas kiriman report via e-mail yang dikirimkan oleh para master secara gratis dan kontinyu sebagai pembelajaran singkat bagi saya.

Kembali pada pertanyaan yang saya jadikan judul tulisan ini.

Apakah mungkin bisnis internet bikin kaya? Bisa ya, bisa tidak!

Karena kembali lagi pada definisi kaya yang tentunya berlaku relatif bagi setiap orang.

Tapi bila pertanyaanya adalah; Apakah bisnis internet bisa membuat orang jadi Jutawan? Pasti! Ya!

1000 dollar, 5000 dollar, 9000 dollar hingga 15.000 ribu dollar perbulan adalah penghasilan biasa bagi seorang internet marketer yang sudah mapan. Silahkan anda konversi dalam mata uang rupiah. Apakah nilainya dibawah 6 digit? Kalau sudah begitu, maka bagi orang awam seperti saya, bisnis internet bisa membuat saya kaya :-)

Bagaimana dengan anda?

Saya akan mengajak anda untuk mengupas bisnis internet pada edisi selanjutnya... See u next.

Back

Search site

Hamdar Damang © 2009 All rights reserved.